Daftar Informasi Publik (DIP)
PPID Pembantu Dinas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Batang


A. Informasi Yang Diumumkan Secara Berkala

No Judul Informasi Ringkasan Isi Informasi Penanggungjawab Pembuat Informasi Waktu Pembuatan / Penerbitan Informasi Bentuk Informasi Yang Tersedia Jangka Waktu Penyimpanan Jenis Media Yang Memuat Informasi
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
1. Informasi tentang Profil Badan Publik
1.1. Tugas & Fungsi
Tugas :
Membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan di bidang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil dan tugas pembantuan yang diberikan

Fungsi :
1. Perumusan kebijakan teknis di bidang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil
2. Pelaksanaan upaya peningkatan pelayanan publik di bidang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil
3. Pelaksanaan kebijakan di bidang administrasi kependududkan dan pencatatan sipil
4. Penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum di bidang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil
5. Pembinaan dan pelaksaan tugas di bidang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil
6. Pengelolaan rekomendasi teknis di bidang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil
7. Penyelenggaraan sosisalisasi tentang pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, dan pengelolaan sistem informasi administrasi kependudukan
8. Penyelenggaraan pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pengelolaan sistem informasi administrasi kependudukan, perkembangan kependudukan, dan perencanaan kependudukan
9. Pemantauan dan evaluasi pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pengelolaan sistem informasi administrasi kependudukan, perkembangan kependudukan, dan perencanaan kependudukan
10. Pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia pengelola pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pengelolaan sistem informasi administrasi kependudukan, perkembangan kependudukan, dan perencanaan kependudukan
11. Pengawasan atas penyelenggaraan pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pengelolaan sistem informasi administrasi kependudukan, perkembangan kependudukan, dan perencanaan kependudukan
12. Pelaksanaan administrasi Disdukcapil
13. Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan  pelaporan pelaksanaan tugas di bidang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil
14. Pengelolaan rekomendasi teknis di bidang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil
15. Pembinaan terhadap UPTD dalam lingkup Disdukcapil
16. Penyelenggaraan kesekretariatan Disdukcapil
17. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuia dengan tugas dan fungsinya.
Tugas & Fungsi tertuang dalam Peraturan Bupati Nomor 61 Tahun 2016 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta tata Kerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
Kepala Dinas 2016 Selama Berlaku Detail :
https://disdukcapil.batangkab.go.id/ppid/?p=31&id=3

1.2. Struktur Organisasi, Tugas, Wewenang & Fungsi Terdiri atas Kepala Dinas, Sekretaris, 2 Kepala Sub Bagian, 3 Kepala Bidang, serta 6 Kepala SeksiTugas & Fungsi tertuang dalam Peraturan Bupati Nomor 61 Tahun 2016 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta tata Kerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kepala Dinas 2021 Soft (file_pdf) Selama Berlaku Detail :
https://disdukcapil.batangkab.go.id/ppid/?p=31&id=4

1.3. KEPALA DINAS
LHKPN Sekretaris Dinas Kepnedudukan dan Pencatatan Sipil
Atasan PPID Pembantu 2021 Soft (file_pdf) Selama Berlaku Detail :
https://disdukcapil.batangkab.go.id/ppid/?p=31&id=6

2. Ringkasan Informasi tentang Program/Kegiatan yang sedang dilaksanakan
2.1. Nama Program & Kegiatan Pilih Penanggungjawab - Soft (file_pdf) Selama Berlaku Detail :
https://disdukcapil.batangkab.go.id/ppid/?p=31&id=8

2.2. Penanggungjawab & Pelaksana Program
SK PPTK Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
Kepala Dinas 2020 Soft (file_pdf) Selama Berlaku Detail :
https://disdukcapil.batangkab.go.id/ppid/?p=31&id=9

2.3. Target & Capaian Program/Kegiatan
Target & capaian program & kegiatan
Pilih Penanggungjawab 2020 Soft (file_pdf) Selama Berlaku Detail :
https://disdukcapil.batangkab.go.id/ppid/?p=31&id=10

2.4. Jadwal Pelaksanaan Program/Kegiatan

DPPA TA 2019

Kasubbag Perencanaan dan Keuangan - Soft (file_pdf) Selama Berlaku Detail :
https://disdukcapil.batangkab.go.id/ppid/?p=31&id=11

2.5. Nilai Anggaran Kegiatan per Program
DPPA SKPD TH 2019
Pilih Penanggungjawab - Soft (file_pdf) Selama Berlaku Detail :
https://disdukcapil.batangkab.go.id/ppid/?p=31&id=12

3. Ringkasan Kinerja yang telah maupun sedang dilaksanakan
3.1. Penilaian Kinerja Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) Tahun 2018 meliputi kinerja, akuntabilitas, efisiensi, kegiatan yang telah dilaksanakan dan penggunaan anggaran. Pilih Penanggungjawab - Soft (file_pdf) Selama Berlaku Detail :
https://disdukcapil.batangkab.go.id/ppid/?p=31&id=14

3.2. Efisiensi yang dicapai Efisiensi anggaran yang dicapai nama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sebagaimana tertuang dalam Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) Pilih Penanggungjawab 2018 Soft (file_pdf) Selama Berlaku Detail :
https://disdukcapil.batangkab.go.id/ppid/?p=31&id=15

3.3. Laporan seluruh Program & Kegiatan yang telah dijalankan
Laporan seluruh Program & Kegiatan yang telah dijalankan sebagaimana tertuang dalam Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP)
Pilih Penanggungjawab - Soft (file_pdf) Pilih Waktu Penyimpanan Detail :
https://disdukcapil.batangkab.go.id/ppid/?p=31&id=16

3.4. Laporan Umum & Keuangan
Laporan Umum & Keuangan sebagaimana tertuang dalam Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP)
Pilih Penanggungjawab - Soft (file_pdf) Pilih Waktu Penyimpanan Detail :
https://disdukcapil.batangkab.go.id/ppid/?p=31&id=17

3.5. Realiasi Penyerapan Program dan Kegiatan
Realisasi program dan kegiatan tahun ... meliputi ...
Pilih Penanggungjawab - Pilih Waktu Penyimpanan Detail :
https://disdukcapil.batangkab.go.id/ppid/?p=31&id=18

3.6. Kerangka Acuan Kerja
Dokumen tentang KAK kegiatan-kegiatan tahun ...
Pilih Penanggungjawab - Pilih Waktu Penyimpanan Detail :
https://disdukcapil.batangkab.go.id/ppid/?p=31&id=19

3.7. Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ)
Laporan Pertanggungjawaban Realisasi Keuangan tahunan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sebagaimana tertuang dalam Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ)
Pilih Penanggungjawab 2020 Soft (file_pdf) Pilih Waktu Penyimpanan Detail :
https://disdukcapil.batangkab.go.id/ppid/?p=31&id=20

4. Ringkasan Laporan Keuangan
4.1. Laporan Keuangan Laporan Realisasi Anggaran (LRA) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pilih Penanggungjawab 2020 Soft (file_pdf) Selama Berlaku Detail :
https://disdukcapil.batangkab.go.id/ppid/?p=31&id=22

4.2. Daftar Aset Daftar aset Atasan PPID Pembantu 2020 Soft (file_pdf) Selama Berlaku Detail :
https://disdukcapil.batangkab.go.id/ppid/?p=31&id=49

5. Informasi tentang peraturan, keputusan, dan/atau kebijakan
5.1. Daftar rancangan proses peraturan nama dinas ... Draft/rancangan keputusan/peraturan yang akan ditetapkan tahun... Pilih Penanggungjawab - Pilih Waktu Penyimpanan Detail :
https://disdukcapil.batangkab.go.id/ppid/?p=31&id=24

5.2. Daftar Peraturan dan Keputusan yang telah ditetapkan
Daftar Peraturan, Keputusan, dan Kebijakan yang telah ditetapkan
Pilih Penanggungjawab - Pilih Waktu Penyimpanan Detail :
https://disdukcapil.batangkab.go.id/ppid/?p=31&id=25

6. Informasi tentang hak dan tata cara memperoleh Informasi Publik
Bagan alur, syarat dan waktu permohonan informasi/pengajuan keberatan dan pihak-pihak bertanggung jawab yang dapat dihubungi
Pilih Penanggungjawab - Pilih Waktu Penyimpanan Detail :
https://disdukcapil.batangkab.go.id/ppid/?p=31&id=26

7. Informasi tentang pengumuman pengadaan barang dan jasa
7.1. Rencana Umum Pengadaan Barang & Jasa Rencana Umum Pengadaan Barang & Jasa Dinas  Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pilih Penanggungjawab - Soft (Online) Pilih Waktu Penyimpanan Detail :
https://disdukcapil.batangkab.go.id/ppid/?p=31&id=28

Website :
http://http://lpse.lkpp.go.id/eproc4

7.2. Pengumuman Proses Pengadaan Pengumuman Proses Pengadaan Dinas Kependudukan dan Pencatatn Sipil Pilih Penanggungjawab - Soft (Online) Selama Berlaku Detail :
https://disdukcapil.batangkab.go.id/ppid/?p=31&id=29

Website :
http://http://lpse.lkpp.go.id/eproc4

B. Informasi Yang Serta Merta

No Judul Informasi Ringkasan Isi Informasi Penanggungjawab Pembuat Informasi Waktu Pembuatan / Penerbitan Informasi Bentuk Informasi Yang Tersedia Jangka Waktu Penyimpanan Jenis Media Yang Memuat Informasi
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)

C. Informasi Yang Tersedia Setiap Saat

No Judul Informasi Ringkasan Isi Informasi Penanggungjawab Pembuat Informasi Waktu Pembuatan / Penerbitan Informasi Bentuk Informasi Yang Tersedia Jangka Waktu Penyimpanan Jenis Media Yang Memuat Informasi
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
1. Daftar Informasi Publik Berisi tentang Informasi - informasi publik yang tersedia secara berkala, serta merta, setiap saat & informasi yang dikecualikan Tahun ... Pilih Penanggungjawab - Pilih Waktu Penyimpanan Detail :
https://disdukcapil.batangkab.go.id/ppid/?p=33&id=30

2. Informasi tentang Peraturan, keputusan dan/atau kebijakan Rancangan peraturan/kebijakan, disertai dengan tahapan perumusan peraturan/kebijakan dan peraturan/kebijakan yang telah ditetapkan. Pilih Penanggungjawab - Pilih Waktu Penyimpanan Detail :
https://disdukcapil.batangkab.go.id/ppid/?p=33&id=31

3. Informasi tentang organisasi, administrasi kepegawaian dan keuangan
3.1. Pedoman pengelolaan organisasi, administrasi personil & keuangan Pedoman pengelolaan organisasi, administrasi personil & keuangan dinas ... Pilih Penanggungjawab - Pilih Waktu Penyimpanan Detail :
https://disdukcapil.batangkab.go.id/ppid/?p=33&id=33

3.2. Profil lengkap pimpinan & pegawai yang meliputi nama, riwayat karier/posisi, riwayat pendidikan, penghargaan yang pernah diterima Profil lengkap pimpinan & pegawai Dinas ... yang meliputi nama, riwayat karier/posisi, riwayat pendidikan, penghargaan yang pernah diterima Pilih Penanggungjawab - Pilih Waktu Penyimpanan Detail :
https://disdukcapil.batangkab.go.id/ppid/?p=33&id=34

3.3. Anggaran secara umum / khusus serta laporan keuangannya Anggaran secara umum/ khusus serta laporan keuangan dinas... Pilih Penanggungjawab - Pilih Waktu Penyimpanan Detail :
https://disdukcapil.batangkab.go.id/ppid/?p=33&id=35

3.4. Laporan Keuangan Berisi Neraca, Daftar Aset dan investrasi, Realisasi, CALK Tahun ..., ..., ..., ... Pilih Penanggungjawab - Pilih Waktu Penyimpanan Detail :
https://disdukcapil.batangkab.go.id/ppid/?p=33&id=36

3.5. DPA DPA Pilih Penanggungjawab - Soft (file_pdf) Pilih Waktu Penyimpanan Detail :
https://disdukcapil.batangkab.go.id/ppid/?p=33&id=37

3.6. RKA
RKA
Pilih Penanggungjawab - Soft (file_pdf) Pilih Waktu Penyimpanan Detail :
https://disdukcapil.batangkab.go.id/ppid/?p=33&id=38

3.7. LRA DPA Informasi LRA DPA Pilih Penanggungjawab 2018 Soft (file_pdf) Selama Masih Relevan Detail :
https://disdukcapil.batangkab.go.id/ppid/?p=33&id=39

3.8. LKPJ & LPPD Laporan Pertanggungjawaban Realisasi Keuangan tahunan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sebagaimana tertuang dalam Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Pilih Penanggungjawab - Soft (file_pdf) Selama Masih Relevan Detail :
https://disdukcapil.batangkab.go.id/ppid/?p=33&id=40

3.9. LKjIP Laporan Kinerja Instansi Pemerintah tahunan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil  sebagaimana tertuang dalam Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) Pilih Penanggungjawab 2018 Soft (file_pdf) Pilih Waktu Penyimpanan Detail :
https://disdukcapil.batangkab.go.id/ppid/?p=33&id=41

4. Surat menyurat pimpinan atau Pejabat di Dinas ... dengan pihak ketiga dalam rangka pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya Arsip surat menyurat terkait tupoksi sepanjang tidak termasuk yang dikecualikan Pilih Penanggungjawab - Pilih Waktu Penyimpanan Detail :
https://disdukcapil.batangkab.go.id/ppid/?p=33&id=42

5. Daftar perjanjian dengan pihak ketiga
6. Rencana Strategis
Berisi rencana program dan kegiatan tahun 2017 s/d 2022 sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Batang Tahun 2017-2022
RENSTRA Tahun 2017-2022 tertuang dalam Buku RENSTRA yang disahkan dengan Peraturan Bupati Nomor 12 Tahun 2018 Tentang Rencana Strategis Perangkat Daerah Tahun 2017-2022
Pilih Penanggungjawab - Pilih Waktu Penyimpanan Detail :
https://disdukcapil.batangkab.go.id/ppid/?p=33&id=44

7. Agenda kerja pimpinan Agenda kerja pimpinan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil - Soft (Online) Selama Berlaku Detail :
https://disdukcapil.batangkab.go.id/ppid/?p=33&id=45

Website :
http://http://eagenda.batangkab.go.id/p/2060101

8. Layanan Pengaduan Masyarakat Pengaduan Masyarakat Umum Kepala Dinas 2018 Soft (Online) Selama Masih Relevan Detail :
https://disdukcapil.batangkab.go.id/ppid/?p=33&id=48

Website :
http://www.lapor.go.id

D. Daftar Informasi Yang Dikecualikan

No Jenis Informasi Dasar Hukum Konsekuensi Batas Waktu Pengecualian
Akibat Info Dibuka Akibat Info Ditutup
(1) (2) (3) (4) (5) (6)
1. Data pribadi penduduk

- Peraturan Pemerintah RI Nomor 37 Tahun 2007 tentang Pelaksanaan UU nomor 23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, Bab VII Bagian Kedua Pasal 58 dan 59

- Pasal 17 UU NO 14 Th 2008 Huruf h dan j

Bertentangan dengan hak pribadi/ privasi yang berpotensi disalahgunakan

Menjaga privasi seseorang yang menjadi hak asasi masing-masing individu / pribadi

Selama Berlaku
2. Data kepegawaian perorangan PNS lengkap

- UU No. 9 Th 1974 jo. UU No. 43 Th 1989 tentang Pokok-pokok Kepegawaian 

- UU No. 14 Tahun 2008 tentang KIP, Pasal 17 huruf h, I, dan j

Mengganggu privasi seseorang

Mengamankan hak privasi seseorang

Selama Berlaku
3. Arsip data perorangan PNS

- UU No. 9 Th 1974 jo. UU No. 43 Th 1989 tentang Pokok-pokok Kepegawaian 

- UU No. 14 Tahun 2008 tentang KIP, Pasal 17 huruf h, I, dan j

Mengganggu privasi seseorang

Mengamankan hak privasi seseorang

Selama Berlaku
4.
Dokumen laporan/surat pertanggungjawaban keuangan (SPJ) berikut lampirannya

- UU No. 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan, Pasal 44 ayat (1) dan (2)

- UU No. 14 Tahun 2008 tentang KIP, Pasal 17 huruf I dan j

Menghambat kebijakan karena adanya pengungkapan yang mendahului sebelum diaudit

Mendorong keberhasilan pelaksanaan pembangunan

Selama Berlaku
5. Lokasi Server

- UU No. 11 Th 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, Pasal 25

- Pasal 17 UU NO 14 Th 2008 Huruf b, I dan j

Dapat mengganggu perlindungan hak atas kekayaan intelektual

Melindungi hak atas kekayaan intelektual

Selama Berlaku
6.

Internet Protocol/ IP Address Private

- UU No. 11 Th 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, Pasal 25

- Pasal 17 UU NO 14 Th 2008 Huruf b, I dan j

Dapat mengganggu perlindungan hak atas kekayaan intelektual

Melindungi hak atas kekayaan intelektual

Selama Berlaku
7.

Surat rahasia

- UU no 43 tahun 2009 tentang Kearsipan;

- Pasal 17 UU NO 14 Th 2008 Huruf I dan j

Mengganggu kebijakan pemerintah / pimpinan

Mendukung kebijakan pemerintah / pimpinan

Selama Berlaku
8.

Bandwidth Management

- UU No. 11 Th 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, Pasal 25

- Pasal 17 UU NO 14 Th 2008 Huruf b, I dan j

Dapat mengganggu perlindungan hak atas kekayaan intelektual

Melindungi hak atas kekayaan intelektual

Selama Berlaku
9.

Sistem Keamanan Informasi

- UU No. 11 Th 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, Pasal 25

- Pasal 17 UU NO 14 Th 2008 Huruf b, I dan j

Menimbulkan potensi kerugian investasi untuk kepentingan umum / merugikan keuangan Negara

Terjaga dari potensi kerugian

Selama Berlaku
10.

Surat pengaduan masyarakat

- UU no 43 tahun 2009 tentang Kearsipan;

- Pasal 17 UU NO 14 Th 2008 Huruf a dan j

- Dapat merugikan proses penyusunan kebijakan

- Dapat mengungkap informasi yang menurut UU lainnya dirahasiakan/ atau tidak boleh diungkap

- Menjaga agar proses penyusunan kebijakan tidak terhambat

- Menjaga informasi yang menurut UU lainnya dirahasiakan dan/ atau tidak boleh diungkap
Selama Berlaku
11.

Disposisi surat pimpinan

- UU no 43 tahun 2009 tentang Kearsipan;

- Pasal 17 UU NO 14 Th 2008 Huruf I dan j

Dapat mengganggu proses penyusunan kebijakan

Mengamankan proses penyusunan kebijakan

Selama Berlaku
12.

Dokumen Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah

- Perpres RI No 54 Th 2010 tentang Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah

- UU No. 14 Th 2008 tentang KIP, Pasal 17 huruf i dan j

Bertentangan dengan prinsip-prinsip pengadaan dan etika pengadaan

Melaksanakan pengadaan barang/ jasa sesuai dengan prinsip-prinsip pengadaan dan etika pengadaan


Selama Berlaku
13.

Memorandum/ surat-surat antar dan inter badan publik

- UU no 43 tahun 2009 tentang Kearsipan;

- Pasal 17 UU NO 14 Th 2008 Huruf I dan j

Menghambat kebijakan pemerintah daerah

Memperlancar proses dan kebijakan pemerintah

Selama Berlaku